MANFAAT BATANG BAMBU

Manfaat Batang Bambu
=====================








Batang bambu muda bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel atau bisa disebut sebagai rebung sebenarnya adalah tunas dari tanaman bambu. Tidak seperti batang kebanyakan, batang bambu memiliki bagian dalam berwarna putih dan bertekstur renyah. Kulit luarnya diselimuti bulu yang dapat menyebabkan rasa gatal jika terkena kulit.

Karena rasanya yang enak, batang rebung ini juga sering dijadikan sebagai bahan masakan. Rebung biasanya diolah dengan cara dipotong-potong terlebih dahulu lalu direbus hingga matang. Proses perebusan seperti ini ditujukan untuk memperlunak tekstur rebung sekaligus untuk menghilangkan baunya yang kurang sedap.

Tak hanya enak dimakan saja, batang bambu muda juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Manfaat batang bambu muda ini tak lain karena kandungan zat yang ada di dalamnya. Rebung mengandung protein, karbohidrat, antioksidan, serat, kalium, vitamin A, vitamin B6, vitamin E dan 12 macam asam amino yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Adapun manfaat batang bambu muda terkait dengan kandungannya tersebut antara lain :

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Antioksidan yang terkandung dalam batang rebung termasuk dalam jenis fikosterol. Antioksidan jenis ini mampu membantu penurunan kadar kolesterol jahat dalam tubuh tanpa mengurangi jumlah kolesterol baik.

2. Mencegah Kanker

Manfaat batang bambu muda selanjutnya adalah untuk mencegah kanker. Hal ini dikarenakan rebung mengandung serat yang mampu menjaga kesehatan usus sehingga menghindarkan resiko kanker pencernaan, tak hanya itu, antioksidan di dalamnya juga mampu membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker.

3. Menurunkan Berat Badan

Rebung memiliki kandungan seta tinggi sehingga sangat baik untuk menunjang program diet Anda. Tak hanya itu, batang yang memiliki permukaan kasar ini juga mengandung sedikit lemak dan gula.

4. Mencegah Resiko Penyakit Stroke

Manfaat  batang bambu muda lainnya yang jarang diketahui adalah untuk pencegahan stroke. Setiap 100 gram batang rebung mengandung sekitar 400 mG kalium. Kalium inilah yang kemudian membantu mencegah terjadinya serangan stroke karena mampu mengurangi desakan aliran darah.

5. Mencegah Kerusakan Sel

Antioksidan yang ada pada batang rebung mampu melindungi sel dari kerusakan. Selain itu, kandungan protein di dalamnya juga akan membantu sel tetap sehat.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang dibahas sebelumnya, kandungan rebung mampu mencegah penumpukan kolesterol dalam darah. Karena alasan inilah rebung juga dapat menjaga kesehatan jantung dan memperkecil resiko serangan jantung koroner.

7. Menyehatkan Pencernaan

Batang bambu muda bisa dikatakan sebagai makanan agen serat terbaik. Mengkonsumsi batang tanaman ini sama artinya dengan memenuhi asupan serat yang dibutuhkan tubuh. Jika serat sudah terpenuhi, secara otomatis pencernaan akan menjadi lebih sehat.

8. Mengobati Peradangan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Muniappan dan Sundararaj di India membuktikan bahwa batang bambu muda memiliki sifat analgesik (mengurangi rasa nyeri)  dan anti inflamasi (anti peradangan). Paduan sifat inilah yang kemudian membuat rebung dapat dimanfaatkan sebagai obat peradangan.

9. Mengatasi Gangguan Pernafasan

Manfaat batang bambu muda lainnya adalah untuk mengatasi masalah pernafasan terutama asma. Hal ini dikarenakan rebung atau bambu muda memiliki kandungan asam amino yang cukup tinggi.

Cara memanfaatkannya cukup mudah, Anda hanya perlu mengupas rebung lalu memotongnya tipis-tipis. Rebus potongan rebung ini hingga dua kali. Pada rebusan pertama didihkan rebung selama 5 menit. Setelah itu, ganti air rebusan dengan yang baru lalu rebus kembali hingga mendidih selama 10 menit.

10. Detoksifikasi Racun Dalam Tubuh

Batang bambu muda telah lama dipercaya sebagai bahan detoksifikasi racun yang paling ampuh. Bahkan, ekstrak rebung telah dimanfaatkan sebagai bahan penetral racun sejak zaman India kuno. Tak hanya dapat membersihkan racun yang berasal dari lingkungan atau makanan saja, ekstrak batang tanaman ini juga dapat digunakan untuk mengeluarkan racun akibat gigitan hewan berbisa.

Komentar